Rabu, 19 Maret 2008

Sejarah jaringan


Pendahuluan

- Sejak memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft, menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa. Demikian pula dengan konsep "downsizing" maupun "lightsizing" yang bertujuan menekan anggaran belanja khususnya peralatan komputer, maka sebuah jaringan merupakan satu hal yang sangat diperlukan. Dalam makalah ini akan dibahas sebagian komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah jaringan komputer.

- Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.

- Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. (Lihat Gambar Atas.) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

n Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Seperti pada Gambar Atas., dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

- Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.

JARINGAN KOMPUTER

PENGERTIAN JARINGAN

- Jaringan Komputer adalah beberapa komputer yang dapat saling berhubungan dan melakukan komunikasi satu sama lain dengan menggunakan perangkat jaringan seperti ethernet card, bridge, modem dan lain-lain.

- Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.

Keuntungan dari Jaringan Komputer di antaranya adalah :

- Transaksi dapat dilakukan di tempat yang berbeda dengan tempat pengolahan data

- Resource Sharing (penggunaan sumber daya bersama), dapat mengoptimalkan penggunaan sumberdaya. Hampir seluruh sumberdaya dapat digunakan bersama, mulai dari prosesor, memori, storage, dan peripheral (printer, CD ROM Drive, dll)

- Memungkinkan pengendalian terpusat atas berbagai sumberdaya yang tersebar

- Memungkinkan kolaborasi antarpengguna, melalui e-mail, newsgroup, dsb

- Memungkinkan backup atau replikasi untuk antisipasi kerusakan

Klasifikasi Jaringan Komputer

- Berdasarkan Luas Areanya :

1. LAN atau Local Area Network, mencakup satu tempat tertentu (lab, ruang kantor, kampus, lokasi pabrik, dsb. Komputer dari 2 sd 500)

2. MAN atau Metropolitan Area Network, mencakup luas satu kota

3. WAN atau Wide Area Network, mencakup seluruh dunia

- Berdasarkan Topologi Jaringan :

1. Bus. Seluruh komputer berkomunikasi melalui satu jalur yang sama, yang dipergunakan bergantian.

2. Ring. Terdapat jalur berupa cincin yang terhubung, dengan arah rotasi transmisi tertentu.

3. Star. Terdapat satu komputer atau hub yang berfungsi sebagai sentral, seluruh komputer dalam jaringan terhubung langsung ke sentral tersebut

4. Meshed. Setiap komputer terhubung langsung satu sama lain

5. Kombinasi berbagai topologi di atas

Gambar Topologi Jaringan :

Gambar Topologi Jaringan

Transmisi Data :

- Media Transmisi :

Macam-macam media transmisi :

    1. Kabel (wired), jenis-jenisnya :

l Kabel pilin, terdapat dua macam yaitu UTP (unshielded twisted pair) dan STP (shielded twisted pair).

l Koaksial. Contoh : kabel TV

l Serat optik, memiliki kapasitas paling besar

    1. Nirkabel (wireless), bisa dengan

l Radio

l Microwave. Contoh : WaveLAN

l Infra Merah

- Kapasitas Transmisi

Bandwidth : banyaknya bit data yang dapat ditransmisikan per satuan waktu, dinyatakan dalam bps (bit per second)

- Jenis Transmisi

- Transmisi satu arah (simplex). Contoh : radio

- Transmisi dua arah bergantian (half duplex). Contoh : HT

- Transmisi dua arah bersamaan (full duplex). Contoh : telepon

- Arah Transmisi

- Unicast, dari satu titik ke satu titik. Contoh : telepon

- Multicast, dari satu titik ke beberapa titik. Contoh : server internet

- Broadcast, dari satu titik ke semua arah. Contoh : pemancar televisi

Faktor-faktor Mendesain LAN

Jenis LAN

Topologi

Bus

Star

Ring

Token Ring

Token Bus

Mesh

Kecepatan

Menengah (beberapa s/d 20 Mbps)

Tinggi (100 s/d ratusan Mbps)

Ultra (lebih dari 1 Gbps)

Media transmisi

Kabel (wireline)

Gelombang radio (wireless)

Tingkatan LAN

Utama (backbone LAN)

Biasa (floor LAN)

Tidak ada komentar: