Rabu, 19 Maret 2008

MEDIA FISIK JARINGAN


  1. Ethernet Card

Ethernet Card atau sering disebut dengan LANCard merupakan perangkat fisik jaringan. Kecepatan yang dimiliki sekarang telah mencapai 100 Mbps – 1 Gbps dan bersifat Plug and Play, artinya secara otomatis dapat terdeteksi oleh sistem operasi Linux dan Windows ketika dipasang di komputer.

  1. Hub/ Switch

- Hub / Switch berfungsi sebagai konsentrator yang menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan juga untuk menghubungkan beberapa segmen kabel agar dapat menjangkau jarak yang lebih luas.

- Hub / switch bekerja dengan memperkuat sinyal.

  1. Kabel (Wired)

- Kabel UTP Terdiri atas pasangan kawat Rx (Receive) dan Tx (Transmit).

- Dibutuhkan Konektor RJ-45 dan Crimping tool untuk memasangkan kabel ke konektornya

4. Konektor RJ45

Tipe Pengkabelan

Terdapat beberapa tipe pengkabelan yang biasa digunakan dan

dapat digunakan untuk mengaplikasikan Windows, yaitu:

l Thin Ethernet (Thinnet)

Thin Ethernet atau Thinnet memiliki keunggulan dalam hal biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe pengkabelan lain, serta pemasangan komponennya lebih mudah. Panjang kabel thin coaxial/RG-58 antara 0.5 – 185 m dan maksimum 30 komputer terhubung.

l Thick Ethernet (Thicknet)

Dengan thick Ethernet atau thicknet, jumlah komputer yang dapat dihubungkan dalam jaringan akan lebih banyak dan jarak antara komputer dapat diperbesar, tetapi biaya pengadaan pengkabelan ini lebih mahal serta pemasangannya relatif lebih sulit dibandingkan dengan Thinnet. Pada Thicknet digunakan transceiver untuk menghubungkan setiap komputer dengan sistem jaringan dan konektor yang digunakan adalah konektor tipe DIX. Panjang kabel transceiver maksimum 50 m, panjang kabel Thick Ethernet maksimum 500 m dengan maksimum 100 transceiver terhubung.

l Twisted Pair Ethernet

Kabel Twisted Pair ini terbagi menjadi dua jenis yaitu shielded dan unshielded. Shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus sedangkan unshielded tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45

l Fiber Optic

Jaringan yang menggunakan Fiber Optic (FO) biasanya perusahaan besar, dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit. Namun demikian, jaringan yang menggunakan FO dari segi kehandalan dan kecepatan tidak diragukan. Kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.

Konektor RJ 45

l Konektor RJ 45 digunakan sebagai penghubung kabel UTP dan Hub atau antar Kartu Jaringan dengan Hub. Sedangkan jika pada jaringan Peer To Peer (antar 2 komputer) dapat digunakan untuk menghubungkan antar kartu ethernet.

Tidak ada komentar: