Rabu, 19 Maret 2008

Komputer Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya

Pengenalan Komputer

  1. Komputer Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya.
  2. Komputer berdasarkan Generasinya.

Komputer Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya

Berdasarkan Ukurannya, komputer digolongkan kedalam

a. Micro Komputer

b. Mini Komputer

c. Small Komputer

d. Medium Komputer

e. Large Komputer

f. Super Komputer

Ukuran Komputer ditunjukkan oleh kemampuannya dalam mengolah data, ditentukan oleh beberapa hal sebagai berikut :

Kapasitas Main Memory (Simpanan dalam)

Konfigurasi dari Operand Register

Kecepatan Mengolahnya

Jumlah dan macam alat-alat Input dan Outputnya.

Ukuran Fisik Komputer dan Ruangan yang dibutuhkan.

1. Micro Komputer

- Micro Komputer (Komputer Mikro) disebut juga dengan nama Personal Komputer (PC) atau Komputer Pribadi. Ukuran Memory komputer ini sekarang berkisar antara 16 MB sampai 1 GB, dengan konfigurasi operand register 8-64 Bit. Kecepatan komputer mikro sekarang berkisar 200Mhz – 3 Ghz.

- Micro Komputer sendiri dapat dibedakan menjadi desktop PC, Tower PC, Laptop, Notebook, Palmtop dan PDA.

2. Mini Komputer

- Mini Komputer seringkali disebut sistem Midrange, biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala menengah sebagai sebagai server.

- Mini Komputer digolongkan kembali menjadi Mini-mini komputer, Midi-mini komputer, Maxi-mini komputer dan super-mini komputer.

- Komputer Mini dapat bersifat Multi User (pemakainya banyak) yaitu sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai.

3. Small Komputer

- Small Komputer disebut juga dengan nama small scale mainframe computer.

- Small Komputer sekarang kebanyak menggunakan Sistem Multi Programming, Multiprocessing Dan Virtual Storage, Serta Bersifat Multi User dengan jumlah terminal sampai ratusan buah.

- Small Komputer juga mempunyai banyak terminal dan peralatan Input dan Outputnya.

4. Medium Komputer

- Medium Komputer disebut juga dengan nama medium scale mainframe computer.

- Medium Komputer dapat mempunyai sejumlah besar dan bermacam-macam alat input atau output.

- Biasanya medium komputer digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputernya. Terminal-terminal dapat menggunakan micro komputer atau mini komputer untuk penerapan konsep distribusi data processing (DPP), yaitu terminal selain dapat berhubungan dengan komputer pusat, tetapi dapat juga berdiri sendiri.

5. Large Komputer

- Large Komputer disebut juga dengan nama mainframe computer atau large scale mainframe computer, karena bentuk fisiknya besar seperti lemari.

- Karena kecepatan dan besarnya memori komputer ini, memungkinkan secara efektif menerapkan sistem time sharing, ratusan pemakai dapat menggunakan komputer ini serentak dari terminal masing-masing pada saat yang bersamaan.

- Komputer ini digunakan diperusahaan-perusahaan yang besar, misalnya perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang tersebar. Tiap kantor cabang mempunyai terminal dihubungkan dengan pusat komputernya.

6. Super Komputer

- Super Komputer disebut juga dengan nama parallel processor , karena super komputer adalah mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang secara parallel.

- Super Komputer memungkinkan penerapan sistem time sharing yang lebih efektip. Ribuan terminal dapat dihubungkan dengan super komputer.

- IBM ASCI White merupakan super komputer yang dipasang di Lawrence Livermore Laboratory, California yang digunakan untuk melakukan simulasi pengujian nuklir pada departemen energi amerika serikat. Komputer ini memiliki 8192 processor Power3 dan dapat memproses 12,3 trilyun intruksi perdetik, memakan tempat seluas 1.200 kaki kuadrat.

Komputer Berdasarkan Generasinya

Generasi

Tahun

Hardware

Pertama

1946-1959

Vacum Tube

Kedua

1959-1964

Transistor

Ketiga

1964-1970

Integreted Circuit (IC)

Keempat

1970- Sekarang

Large Scale Integration (LSI)/

Very Large Scale Integration (VLSI)

1. Generasi Pertama (1946-1959)

- ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator), merupakan generai pertama yang dibuat tahun 1942 di Moore school of electrical enginnering (university of pennsylvania) oleh Dr. John W.Mauchly dan J.Presper Eckert.

- ENIAC dibangun untuk membantu US Army untuk menghitung target sasaran bom diperang dunia II dengan saasran dalam radius 300m.

- ENIAC merupakan komputer besar yang membutuhkan tempat lebih dari 500m2, Volume 105m3, Tabung Vakum sebanyak 18000, 75000 relay dan sakelar dengan berat 30 ton.

- Selain ENIAC, komputer generasi pertama yaitu : Harvard Mark II, IBM SSEC, Harvard Mark III, ACE, SEC, LEO, UNIVAC I/II, IBM 701, IBM 705, dll.

2. Generasi Kedua (1959-1964)

- Komputer Generasi kedua mempunyai ciri komponen yang dipergunakannya adalah Transistor untuk sirkuitnya, dikembangkan di Bell Laboratories oleh John Barden, William Stockley dan Walter Brattain tahun 1947.

- PDP-1 merupakan komputer generasi kedua yang dibuat oleh DEC (Digital Equipment Corporation) dengan pendirinya Olsen bersama saudaranya Stan Olsen dan Harlan Anderson tahun 1959.

- Komputer-komputer generasi kedua lainnya : UNIVAC III, Burroughs200, IBM 7070, NRC 300, Honeywell 400, CDC, GE 635 dan yang lainnya.

3. Generasi Ketiga (1964-1970)

- Komputer Generasi Ketiga menggunakan Komponen IC (Integreted Circuit) yang berbentuk Hibrid Integreted Circuit (HIC) dan Monolithic Integreted Circuit (MIC). HIC atau Solid Logic Technology (SLT) adalah transistor dan dioda yang diletakkan secara terpisah dalam satu tempat. MIC atau Monolithic System Tecnology (MST) adalah elemen-elemen sirkuit (transistor, resistor dan dioda) semuanya diletakkan bersama-sama dalam suau chip.

- IC disebut juga miniaturized circuit yang dibuat pertama kali tahun 1959 oleh Texas Instruments dan Fairshild semiconductor.

- Komputer generasi ketiga yang menggunakan komponen IC adalah IBM S360 pada tanggal 17 April 1964.

- Komputer generasi ketiga yang lainnya : UNIVAC 1108, Burroughs 5700, NCR seri Century, GE 600, dll.

4. Generasi Keempat (sejak 1970)

- Sejak dari generasi ketiga orang sulit membayangkan generasi selanjutnya, tetapi sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai komputer generasi keempat :

- a. Yang pertama adalah penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau Bipolar Large Scale Integration. Merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah Chip. LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration.

- b. Yang kedua adalah dikembangkannya komputer Mikro yang menggunakan micro processor dan semiconduktor yang berbentuk chip untuk memorinya, sedangkan komputer generasi sebelumnya masih menggunakan magnetis core starage.

- Komputer Generasi keempat yang pertama adalah IBM 370 pada tahun 1970.

Tidak ada komentar: